fbpx

6 Rekomendasi Makanan Sehat di Hari Lebaran

Bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah. Keberkahan ini pula yang dirasakan oleh sejumlah penjual makanan dan pelaku ekonomi kreatif karena bisa berkreasi membuat beragam jenis makanan untuk sajian bulan Ramadan. Di setiap toko, pasar, bahkan di sepanjang jalan banyak sekali dijual makanan beraneka rupa. Hal ini yang seringkali membuat orang yang berpuasa ‘lapar mata’ dan kalap berbelanja. Tapi ingat, selain karena enak di lidah, pilih makanan yang juga sehat. Biar nggak boros di kantong, berikut kami rekomendasikan 6 makanan dan minuman sehat paling pas di lidah untuk Lebaran!

  1. Dimsum Rumput Laut
    Wah! Makanan satu ini memang cocok banget disantap sebagai camilan bersama keluarga saat berbuka puasa dan saat Hari Kemenangan. Dimsum rumput laut dengan cocolan sambal rasa asam, pedas, manis bikin kamu nggak bisa berhenti nambah deh, pokoknya.
  2. Minuman Kurma Sukari
    Kurma adalah salah satu makanan ringan ter-favorit di bulan puasa. Rasa daging buahnya sangat manis, cocok untuk mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa. Tapi, bagaimana jika kurma dijadikan minuman? Pasti makin lezat dan bermanfaat, ya. Nah, minuman kurma Sukari ini bisa kamu sajikan pula disaat kumpul keluarga di Hari Raya Idul Fitri, lho. Rasanya segar dan manis, semanis momen bahagiamu berada di tengah mereka yang tersayang.
  3. Keripik Tempe
    Olahan kacang kedelai menjadi tempe tak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Kebayang kan lezatnya tempe yang sehat dijadikan keripik garing sebagai teman teh manis hangat di sore hari? Siapa yang bisa nolak kriyuk, kriyuk-nya. Yuk, jangan ragu masukin keripik tempe sebagai camilan saat merayakan Hari Kemenangan. Selain sehat dan bernutrisi, juga kaya akan kandungan mineral seperti zat besi, fosfor, zink dan potassium.
  4. Jamu Temulawak
    Bagi yang punya kesibukan padat sehari-hari, cocok banget minum jamu herbal ini setelah makan malam dan setelah makan siang. Karena di dalamnya terdapat kandungan temulawak, induk kunyit, garam Himalaya, gula aren asli dan madu yang akan menjaga energi dan stamina kamu stabil seharian. Selain rasanya enak banget, komposisi sehatnya jangan diragukan lagi. Yuk dicoba yuk
  5. Nasi Kuning atau Nasi Tumpeng
    Jelang akhir Ramadhan, biasanya banyak yang mengadakan acara buka puasa bersama di rumah nih! Nah untuk menu utamanya, kamu bisa coba dan pesan nasi kuning atau nasi tumpeng dengan ragam lauk pauk sehat, seperti tempe, tumisan sayur, lalapan, telur, ikan goreng dan lainnya. Kamu bisa coba jasa catering salah satu pelaku EKRAF BKDT yang menyediakan berbagai menu pilihan sesuai favorit keluarga.
  6. Kopi Organik
    Coffee lovers, yuk siap-siap bikin jadwal ngumpul silaturahmi Lebaran bareng teman-teman dan sahabat di rumah. Tentu kopinya harus yang spesial, dong. Kamu bisa pilih kopi organik atau kopi sehat yang aman di lambung.  Banyak pilihan kopi yang menyediakan komposisi alami dan bisa kamu beli di beberapa produk pelaku ekonomi kreatif secara online. Ingat, minumnya cukup 1-2 cangkir setiap hari, ya. 

Semua ragam makanan yang disajikan di atas bisa kamu temukan di e-catalogue produk pelaku ekonomi kreatif BKDT (Beli Kreatif Danau Toba) yang beberapa waktu lalu mengadakan pameran di Summarecon Mall Serpong. Jika tertarik dan mau pesan produk-produk BKDT, klik e-catalogue ini: https://belikreatifdanautoba.belikreatiflokal.id/e-catalogue/). Mari budayakan membeli produk hasil karya dalam negeri.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin