fbpx

Aneka Kuliner Khas Sumatera Utara yang Bikin Ketagihan

Sejak beberapa waktu lalu Kemenparekraf menggelar acara BKDT (Beli Kreatif danau Toba) Fair, masyarakat semakin mengenal produk-produk hasil pelaku ekonomi kreatif asal Sumatera Utara yang memiliki ciri khas tersendiri. Banyak produk yang ditawarkan mulai dari hasil karya busana, kriya dan kuliner.

Produk kuliner Sumatera Utara, merupakan salah satu yang menarik perhatian. Karena selain soal tampilan masakannya yang mengundang selera, hidangan asal Sumatera Utara terkenal dengan penggunaan bumbu andaliman yang memiliki rasa pedas, getir, dan lezat. Penasaran dengan aneka kuliner khas Sumatra Utara? Berikut beberapa masakan yang bakal bikin kamu ketagihan.

Mie Gomak
Sesuai dengan namanya, mie gomak merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar mie. Namun mie yang kerap digunakan adalah mie lidi atau mie besar. Dinamai mie gomak, karena dalam sejarah pembuatannya mie ini dilakukan dengan cara digomak-gomak atau digenggam dengan tangan. Walaupun saat ini tidak lagi dibuat dengan cara seperti itu.

Mie gomak bisa dibuat dengan dua cara pengolahan, yakni dengan cara basah dan berkuah gurih atau dengan cara digoreng. Seperti umumnya ciri khas masakan Sumatera Utara, mie gomak dibuat dengan tambahan bumbu andaliman untuk mempertajam rasa pedasnya.

Natinombur
Natinombur merupakan jenis masakan ikan yang disiram bumbu di atasnya. Sebutan Natinombur berasal dari kata tombur yang berarti direbus.

Berdasarkan legenda pembuatnya, untuk membuat bumbu dari masakan ini harus direbus dulu sebelum dihaluskan baru ditaburkan di atas ikan yang sudah dibakar. Namun seiring berjalannya waktu, pengolahan bumbu tidak lagi dengan cara direbus melainkan ditumis. Bumbu-bumbu yang dipakai adalah bawang merah, jeruk nipis, andaliman, jahe dan kemiri yang dihaluskan lalu ditumis. Jenis ikan mas dan mujair merupakan yang terbaik untuk masakan Natinombur.

Sate Kerang
Di Jakarta, sudah sangat biasa orang mengonsumsi sate ayam, kambing, atau sapi. Namun berbeda halnya di Medan, Sumatera Utara ada yang namanya sate kerang. Tidak jauh berbeda dari jenis sate lainnya, sate kerang juga ditusuk ke dalam lidi sebanyak 3 sampai 4 biji kerang. Rasanya unik dan berbeda. Jika kamu datang ke kota Medan, kamu akan menemukan sate kerang yang biasanya dijual dalam 3 varian rasa, original, pedas, dan manis pedas.

Manuk Napinadar
Makanan khas Batak yang satu ini biasa disajikan saat ada acara adat atau perayaan khusus. Bahan utama dari Manuk Napinadar adalah olahan ayam kampung goreng atau panggang yang diracik oleh bumbu andaliman disertai sambal yang khas. Untuk membuat sambal Napinadar, bahan kelapa yang digonseng atau dibuat serundeng paling sering digunakan.

Sementara bumbu utama yang digunakan untuk memasaknya adalah, cabai merah atau cabai rawit, kemiri, kencur, bawang merah, bawang putih, asam kandis, jahe, dan andaliman. Semua rempah-rempah ini dihaluskan kemudian disiram di atas ayam kampung yang sudah dipanggang sampai empuk. Nikmati sensasi rasa pedas getir dari andaliman serta aroma ayam panggang yang harum dan menggoda. Semua pasti ketagihan, kan?

Anyang Pakis
Pecinta sayur pasti sudah menunggu-nunggu makanan ini. Namanya Anyang Pakis, terbuat dari tanaman pakis atau paku kemudian diberi tambahan berupa olahan kelapa yang disangrai, hingga mirip serundeng.
Tak dipungkiri rasanya begitu gurih dan kaya rempah karena terdapat daun jeruk, ketumbar, serai, dan bawang merah yang dihaluskan dan disangrai bersama parutan kelapa serta tanaman pakis yang sebelumnya sudah dikukus.

Kamu juga bisa menambah jenis sayuran lain pada masakan ini seperti, kacang panjang, daun papaya, atau tauge yang terlebih dahulu harus dikukus sebelum ditumis bersama bumbu lainnya.

Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang kuliner khas Sumatera Utara lainnya, kamu bisa kunjungi e-catalogue Beli Kreatif Danau Toba di link ini: https://belikreatifdanautoba.belikreatiflokal.id/kuliner/. Berbagai jenis makanan, camilan, dan minuman khas Sumatera Utara tersedia di sana. Kamu bisa pesan langsung melalui akun Instagram yang tercantum pada masing-masing produk yang ditawarkan. Selamat menikmati. Ayo sosialisasikan produk-produk pelaku ekonomi kreatif Tanah Air karena kita Bangga Buatan Indonesia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin