fbpx

Bantu UMKM, Kemparekraf Gelar Beli Kreatif Danau Toba

Jakarta, Beritasatu.com – Dalam rangka membantu pengusaha kecil hingga UMKM bangkit di masa pandemi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) menyelenggarakan ajang promosi dan kampanye Beli Kreatif Danau Toba Fair dan Pesona Kuliner Danau Toba di Summarecon Mall Serpong (SMS), Tangerang, pada 11-21 Februari 2021.

Deputi Bidang Pemasaran Kemparekraf, Nia Niscaya mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk membangun dan mendorong masyarakat agar lebih mencintai, membeli, dan menggunakan produk-produk lokal yang dihasilkan oleh pelaku UMKM Indonesia atau yang saat ini disebut artisanal.

“Pelaku UMKM memiliki peran yang besar dalam menggerakkan perekonomian Indonesia. Secara statistik, pelaku UMKM memberikan kontribusi kepada PDB sebesar 60% dan menyerap 90% tenaga kerja. Oleh karena itu, marilah kita cintai produk lokal Indonesia,” kata Nia secara virtual, Kamis (11/2/2021).

Pada kegiatan ini dihadirkan berbagai produk-produk ekonomi kreatif khas khas Sumatra Utara, dari mulai fashion, kriya, hingga kuliner. Lalu, ada live music yang diisi oleh musisi asal Sumatera Utara seperti Trio Batak dan musik etnik lainnya.

Nia menjelaskan bahwa Beli Kreatif Danau Toba merupakan turunan dari gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang lahir sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang fokus pada daerah-daerah yang memiliki potensi untuk dikembangkan.

Kemparekraf sendiri dipercaya untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif di Kawasan Danau Toba Sumatera, yang merupakan salah satu destinasi super prioritas Tanah Air.

“Program Beli Kreatif Danau Toba ini harus digaungkan, tidak hanya di Sumatera Utara, namun juga di daerah-daerah yang terdapat diaspora Bataknya,” kata Nia.

Dalam program #BeliKreatifDanauToba, Kemparekraf akan melakukan pendampingan bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan kompetensi diri hingga memberikan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi digital. Dengan demikian, mereka bisa memperluas pasar nasional, bahkan internasional.

“Kami menargetkan 20% produk lokal ini masuk ke pasar ekspor,” tutup dia.

Sumber : https://www.beritasatu.com/gaya-hidup/731883/bantu-umkm-kemparekraf-gelar-beli-kreatif-danau-toba

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Recent News