fbpx

Beli Kreatif Danau Toba, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Berharap Bisa Tingkatkan Omzet UMKM

JAKARTA, iNews.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang bertajuk Beli Kreatif Danau Toba.Hal tersebut dilakukan agar masyarakat semakin mencintai dan menggunakan produk ekonomi kreatif karya anak bangsa, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada disekitar Danau Toba.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan, Danau Toba merupakan daerah pariwisata yang kunjungan wisatawannya selalu meningkat. Hal ini harus dimanfaatkan untuk mengembangkan ekonomi kreatif masyarakat lokal.

“Kunjungan wisatawan ke Danau Toba meningkat selama tahun 2020 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Potensi pariwisata inilah yang harus kita tangkap sebagai peluang untuk mengembangkan produk ekonomi kreatif lokal,” kata Angela dalam sambutannya yang dibacakan Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf M Neil El Himam, Sabtu (20/2/2021).

Angela menjelaskan, pariwisata sebagai pull factor dan demand creator yang dapat mendatangkan wisatawan. Untuk pelaku UMKM harus bisa menyuguhkan karya-karya lokal yang luar biasa seperti kuliner, fashion hingga kriya.

“Harapannya tentu dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat di daerah pariwisata dan menciptakan potensi usaha baru serta lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Angela menambahkan, program Beli Kreatif Danau Toba dirancang dengan harapan dapat mendorong pelaku ekonomi kreatif di Danau Toba. Untuk itu, dia mengajak masyarakat Indonesia lebih mengenal, mencintai, membeli dan menggunakan produk-produk buatan dalam negeri.

“Saya berharap, program Beli Kreatif Danau Toba ini dapat meningkatkan omzet pelaku UMKM sehingga pada akhirnya juga turut membantu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19,” tuturnya.

Editor : Ranto Rajagukguk

Sumber : https://www.inews.id/finance/makro/beli-kreatif-danau-toba-wamenparekraf-angela-tanoesoedibjo-berharap-bisa-tingkatkan-omzet-umkm

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin