fbpx

Beli Kreatif Danau Toba, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Dorong UMKM Tembus Pasar Global

JAKARTA, iNews.id – Danau Toba sebagai salah satu destinasi prioritas memiliki potensi ekonomi kreatif bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal. Untuk itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mempromosikan lewat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Beli Kreatif Danau Toba.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo berharap program ini bisa meningkatkan omzet pelaku UMKM hingga pasar internasional. “Saya berharap, program beli kreatif danau Toba ini dapat meningkatkan omzet pelaku UMKM, menambah penyerapan tenaga kerja dan pada akhirnya para peserta mampu menembus pasar internasional,” katanya dalam sambutannya yang disampaikan Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, M Neil El Himam, Sabtu (20/2/2021).

Melalui program tersebut, para pelaku UMKM akan diberikan berbagai pelatihan. Hal ini mulai dari perluasan akses pasar melalui digital, optimalisasi transaksi, hibah desain hingga bedah gerai.

“Berbagai program secara online maupun offline yang akan diadakan sepanjang tahun 2021” ujarnya .

Saat ini, sudah 500 peserta UMKM artisanal di Sumatera Utara telah berpartisipasi dalam program pre-launching dan grand launching. Kemenparekraf menargetkan program Beli kreatif Danau Toba ini dapat diikuti oleh 5.700 peserta.

“Program Beli Kreatif Danau Toba dirancang dengan harapan dapat mendorong pelaku ekonomi kreatif di Danau Toba sehingga pada akhirnya juga turut membantu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19,” tuturnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf M Neil El Himam mengatakan, sejak diluncurkan pada 14 mei 2020 lalu, transformasi digital para pelaku ekonomi kreatif UMKM telah mencapai target.

“Kami waktu itu ditargetkan oleh pak Presiden pada tahun 2020 itu menambah 2 juta dari 8 juta jadi 10 juta pada akhir tahun 2020, atas perintah dan arahan pak Luhut,” ucapnya.

Namun, lanjut Neil, selain transformasi digital, pemerintah juga menargetkan peningkatan transaksi oleh pelaku UMKM. Diharapkan dengan adanya program ini transaksi UMKM dapat tumbuh.

“Saya berharap program beli kreatif Danau Toba ini dapat menjadi ruang dan peluang untuk menjadi bagian dari program pemulihan ekonomi nasional dan tingkatan konsumsi produk domestik dan juga UMKM di Danau Toba dalam bertransformasi digital agar dapat bersaing baik di pasar nasional maupun di pasar global,” tutur Neil.

Editor : Ranto Rajagukguk

Sumber: https://www.inews.id/finance/makro/beli-kreatif-danau-toba-wamenparekraf-angela-tanoesoedibjo-dorong-umkm-tembus-pasar-global

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin