fbpx

Bergaya Modern Etnik dengan Produk Beli Kreatif Danau Toba

Beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial tentang “menormalkan” pemakaian kain nusantara dan baju bernuansa etnik untuk acara sehari-hari. Ternyata banyak remaja yang mengikuti tren ini dan mereka terlihat memadukan kain tradisional dengan berbagai paduan fesyen modern lain, misalnya dengan sepatu santai (sneakers). Gaya padu-padan modern dan etnik itu pun mereka unggah di media sosial dengan penuh kebanggaan. Keren-keren lho hasilnya!

Namun memadukan gaya modern dengan etnik tradisional ini juga harus sedikit disiasati. Jika padu padannya berlebihan, maka gaya yang dihasilkan bisa terlihat berlebihan dan tentunya kurang enak dipandang. Nah, kamu bisa terapkan beberapa tips kecil untuk memadukan gaya modern dan etnik dalam gaya busanamu. Kali ini referensi produknya dari Beli Kreatif Danau Toba, karena di sini banyak produk fesyen karya para pelaku ekraf Sumatera Utara yang akan mendukung penampilan modern etnikmu.

Tips pertama, tidak perlu memakai kain tradisional dari atas sampai bawah, nanti malah dikira sedang upacara adat. Sebaiknya pilih saja satu jenis busana bernuansa tradisional, boleh atasan atau bawahan. Misal, kamu bisa memilih kain ulos untuk dijadikan bawahan lalu padukan dengan blus berwarna netral sebagai atasannya. Bisa juga memadankan busana luar dari bahan ulos dengan kaos polos dan celana denim untuk gaya yang lebih kasual. Sedangkan para pria bisa mencoba padu-padan kemeja polos dengan kain tradisional yang diikat membentuk celana harem ala India (harem pants), super keren!

Untuk kamu yang masih ragu menggunakan kain tradisional secara langsung, masukkan saja unsur etnik dalam gaya fesyen yang lain. Misal tas unik dari bahan ulos, sepatu dengan motif ulos atau topi dan masker dari bahan Mandar Balige, sarung khas Batak bermotif sulur dengan warna-warna yang manis.

Tambahkan pula aksesoris sebagai pelengkap penampilanmu. Sentuhan kecil dari aksesoris seperti kalung dan gelang etnik bisa mencuri perhatian lho. Pilih kalung berukuran besar atau berbentuk unik sebagai aksen untuk atasan polos atau pilih anting gantung dari bahan kayu dengan bentuk menarik. Satu contoh lagi, kamu bisa menggunakan ikat kepala khas Batak yaitu Sortali untuk dijadikan bandana atau diikat dengan manis sebagai penghias tas jinjing.

Pancarkan rasa percaya dirimu, jangan malu untuk mengekspresikan gaya fesyen andalanmu dan harus Bangga Buatan Indonesia. Jika ingin mengikuti sedikit tips di atas, kamu bisa temukan produk-produknya di e-catalog Beli Kreatif Danau Toba, di sini: https://belikreatifdanautoba.belikreatiflokal.id/e-catalogue/

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin