fbpx

Kolaborasi Bantu Pelaku Ekraf Hadapi Pandemi Covid-19

Jakarta – Rangkaian Program Beli Kreatif Danau Toba (BKDT) 2021 kembali dilaksanakan di Kota Medan, Senin (31/5/21). Kegiatan berupa bimbingan teknis (bimtek) ini diinisiasi oleh Direktorat Pemasaran Ekonomi Kreatif dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif subsektor Fesyen, Kriya, dan Kuliner di Sumatera Utara, khususnya di kawasan Destinasi Super Prioritas Danau Toba.

Bimtek yang secara offline dihadiri sebanyak 65 pelaku kreatif Subsektor Kuliner mengusung tema Aplikasi Keuangan untuk UMKM. Dengan menggunakan aplikasi di smartphone, pelaku ekraf dapat dengan mudah mencatat transaksi bisnis, neraca, laporan laba rugi, dan analisis laporan keuangan.

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif, Ibu Yuana Rochma Astuti, dalam sambutannya mengatakan betapa pentingnya kolaborasi antar Kementerian/Lembaga pemerintah dalam menghadapi masa krisis akibat pandemi Covid-19.

“Kolaborasi antar Kementerian/Lembaga pemerintah sangat penting dalam mendukung pelaku ekraf menghadapi krisis akibat pandemi Covid-19,” ungkap Yuana.

Ibu Yuana juga mengapresiasi kehadiran berbagai stakeholder dalam program Beli Kreatif Danau Toba 2021 yang ikut membantu dan mendukung terlaksananya program ini, seperti DJP, DJBC, PKN STAN dan PT Pos Indonesia.

“Saya mengapresiasi kehadiran stakeholder pada bimtek BKDT 2021 yang juga telah ikut membantu serta mendukung terlaksananya program ini,” tambah Yuana.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara I, Bapak Eddi Wahyudi, mengatakan bahwa sebagai bentuk dukungan kepada para UMKM yang menjadi peserta program BKDT, Kanwil DJP Sumut 1 telah menyelenggarakan Bazaar Online Kreatif Indonesia (Bazoka). Bazoka ini diikuti 6 pelaku kreatif dari program BKDT.

“Sebagai bentuk dukungan kepada para UMKM, kami telah menyelenggarakan Bazaar Online Kreatif Indonesia (Bazoka). Bazaar ini diikuti 6 pelaku kreatif dari program BKDT,” jelas Eddi.

Bapak Eddi Wahyudi berharap, setelah para peserta BKDT mengikuti bimtek hari ini. Mereka mampu menyusun laporan keuangan secara lebih rapih sehingga pada akhirnya peserta tersebut dapat naik kelas.

“Saya harap para peserta BKDT yang mengikuti bimtek hari ini, mampu menyusun laporan keuangan secara lebih rapi sehingga nanti dapat naik kelas,’ harap Eddi.

Kegiatan Bimbingan Teknis Beli Kreatif Danau Toba 2021 di Kota Medan, Sumatera Utara akan dilanjutkan pada Rabu 2 Juni 2021 untuk pelaku kreatif subsektor fesyen dan kriya di lokasi yang sama.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Recent News