fbpx

Kriya Kayu dan Anyaman Indonesia Tiada Dua

Produk kerajinan tangan atau kriya dari Indonesia semakin digemari dan laris di pasar dunia. Apalagi di era digital ini, kecantikan karya kriya Indonesia menjadi semakin mudah ditemukan oleh orang-orang dari negara lain. Kerajinan tangan asli nusantara memang sangat kaya dan beragam, masing-masing memiliki ciri khas sesuai asal daerahnya. Motif, bentuk, bahan materialnya sangat bervariasi dan itulah yang menjadikan kriya Indonesia semakin dicintai dan membuat jatuh hati.

Beberapa kriya Indonesia yang laris di pasar internasional adalah kerajinan kayu dan anyaman. Tidak heran karena kondisi tanah dan iklim Indonesia menghasilkan beragam jenis kayu dengan kualitas yang bagus seperti kayu jati, trembesi, sungkai dan mahoni. Tentu saja bukan hanya karena material kayu yang bagus dan eksotis, namun produk kayu dari para pelaku ekonomi kreatif ini memang sudah sangat mumpuni untuk bersaing dengan produk luar negeri.

Begitu pula dengan produk kerajinan anyaman. Seni anyaman sendiri memiliki arti kegiatan tindih- menindih dan silang-menyilang sehingga membentuk suatu benda. Anyaman biasanya dibuat dari material yang berasal dari alam seperti bambu, pandan, enceng gondok, daun lontar, dan lain sebagainya. Namun seiring perkembangan jaman, kini banyak juga anyaman yang terbuat dari serat sintetis. Anyaman ini sering dijumpai dalam berbagai bentuk kerajinan mulai dari yang berukuran kecil seperti dompet, kotak tisu, tempat baju kotor hingga yang ukurannya cukup besar seperti kursi atau meja. Bahkan, saat ini yang sedang tren adalah keranjang anyaman untuk tempat pot tanaman agar ruangan semakin estetik.

Produk kayu dan anyaman serta kriya lain dengan beragam materialnya bisa kamu temui pada Beli Kreatif Danau Toba, lho! Jam dinding kayu, hingga kreasi meja kayu bisa kamu pesan di sini, dan ada satu lagi yang sangat memikat yaitu hiasan kayu berbentuk Rumah Bolon yang merupakan rumah adat Suku Batak, sepertinya akan manis sekali untuk menghiasi rumah. Ingin tahu produknya? Kamu bisa lihat di e-catalogue ini ya: https://belikreatifdanautoba.belikreatiflokal.id/e-catalogue/

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin