fbpx

Sandiaga Uno Dorong Perajin Kampung Ulos Dairi Ciptakan Lapangan Pekerjaan

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sandiaga Uno mendorong para perajin ulos di Kampung Ulos di Desa Silalahi, Silahisabungan, Dairi, Sumatera Utara agar terus berinovasi untuk meningkatkan produksinya. Harapannya mereka juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

“Saya senang sekali, dapat melihat langsung dan ini kebanggaan kita semua, bahwa Tuhan yang Maha Esa telah memberikan berkah kepada masyarakat berupa keahlian untuk membuat ulos. Ini adalah keahlian yang harus kita kemas untuk dapat memberikan kemaslahatan dan kesejahteraan bagi masyarakat,” katanya usai meresmikan Kampung Ulos Silahisabungan, Jumat 19 Februari 2021.

Ia mengatakan, para penenun ulos ini telah diberkati agar mampu secara mandiri dalam membuka lapangan kerja. Serta yang terpenting bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kemudian Menparekraf tengah mencanangkan program one village one creative product atau satu desa satu produk kreatif untuk menjadikan ulos sebagai produk kreatif yang dapat membuka lapangan kerja.

Selain itu, terlebih produk kreatif juga bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan saat berkunjung ke Danau Toba khususnya Kabupaten Dairi.

“Kita harus mencari Inovasi dan kreativitas apa yang dibutuhkan. Sehingga dapat meningkatkan hasil produksi, paling tidak 50 persen sehingga pendapatan meningkat. Serta mendorong program one village one creative produk,” ujarnya.

“Semula masyarakat menenun untuk ulos adat, ulos tersebut banyak dipesan oleh masyarakat di kabupaten lain seperti Simalungun, Karo, dan lainnya termasuk ulos Pakpak dan ulos Toba. Namun dari waktu ke waktu belum bisa membawa kesejahteraan yang tinggi bagi para penenun,” terangnya.

Sumber : https://travel.okezone.com/read/2021/02/20/406/2365330/sandiaga-uno-dorong-perajin-kampung-ulos-dairi-ciptakan-lapangan-pekerjaan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Recent News