fbpx

Siaran Pers : Kampanye Beli Kreatif Danau Toba Fair-Pesona Kuliner Danau Toba Digelar di Tangerang Banten

SIARAN PERS
KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Kampanye Beli Kreatif Danau Toba Fair-Pesona Kuliner Danau Toba Digelar di Tangerang Banten Tangerang, 11 Februari 2021 – Dalam rangka menyambut pelaksanaan program #BeliKreatifDanauToba, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menyelenggarakan ajang promosi dan kampanye Beli Kreatif Danau Toba Fair dan Pesona Kuliner Danau Toba, di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Banten pada 11 – 21 Februari 2021.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya, dalam keterangannya, di Tangerang, Kamis (11/2/2021) menjelaskan kegiatan ini dilakukan untuk membangun dan mendorong masyarakat agar lebih mencintai, membeli, dan menggunakan produk-produk lokal yang dihasilkan oleh pelaku UMKM Indonesia atau yang saat ini disebut artisanal.

“Pelaku UMKM memiliki peran yang besar dalam menggerakkan perekonomian Indonesia. Secara statistik pelaku UMKM memberikan kontribusi kepada PDB sebesar 60 persen dan menyerap 90 persen tenaga kerja. Oleh karena itu, marilah kita cintai produk lokal Indonesia,” kata Nia.

Pada kegiatan ini dihadirkan berbagai produk-produk ekonomi kreatif khas khas Sumatra Utara, dari mulai fesyen, kriya, hingga kuliner. Lalu, ada live music yang diisi oleh musisi asal Sumatera Utara seperti Trio Batak dan musik etnik lainnya.

Nia Niscaya menjelaskan bahwa Beli Kreatif Danau Toba merupakan turunan dari program gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang lahir sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Gernas BBI fokus pada daerah-daerah yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Kemenparekraf/Baparekraf sendiri dipercaya untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif di Kawasan Danau Toba Sumatera, yang merupakan salah satu destinasi super prioritas Tanah Air.

“Program Beli Kreatif Danau Toba ini harus digaungkan, tidak hanya di Sumatera Utara, namun juga di daerah-daerah yang terdapat diaspora Bataknya,” kata Nia.

Dalam program #BeliKreatifDanauToba, Kemenparekraf akan melakukan pendampingan bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan kompetensi diri hingga memberikan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi digital. Sehingga, bisa memperluas pasar nasional, bahkan internasional. “Kami menargetkan on boarding di e-commerce platform dan 20 persennya kami targetkan menembus pasar ekspor karena kami bekerjasama dengan e-commerce platform luar negeri,” ujarnya.

Agustini Rahayu
Kepala Biro Komunikasi
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin