fbpx

Sumatera Utara, Penghasil Kopi Terbaik

Tidak hanya di Indonesia, hampir sebagian masyarakat di dunia menyukai minuman kopi. Kopi dihasilkan melalui hasil seduhan biji kopi yang sudah melewati beberapa rangkaian proses mulai dari pemetikan dari kebun, biji kopi yang dipisahkan dari kulitnya kemudian dikeringkan.

Setelah itu, kopi harus melalui proses sangrai dengan tingkat derajat yang bervariasi untuk mendapatkan aroma dan cita rasa berbeda. Hasil sangrai kopi lalu dihaluskan menjadi bubuk sebelum dikonsumsi.

Salah satu provinsi penghasil kopi terbaik di Indonesia adalah Sumatera Utara. Jenis kopi yang ada di daerah ini adalah kopi arabika dan robusta, yang aroma nikmatnya sudah dikenal hingga ke luar negeri seperti Amerika, Jepang, Korea, Belanda, Jerman, dan China. Kenikmatan kopi dari Sumatera Utara didukung oleh teksturnya yang halus, cita rasanya yang khas dan kompleks dibanding jenis kopi lainnya.

Mengapa Sumatera Utara dinyatakan sebagai penghasil kopi terbaik? Karena didominasi oleh daerah pegunungan yang cocok ditanami biji kopi. Salah satunya, kopi Arabika yang tumbuh subur di ketinggian 600-2000 meter di atas permukaan laut yang dingin dan memerlukan kelembapan, tekstur tanah yang baik serta pancaran sinar matahari yang cukup.

Kami akan mengajakmu mengenal 5 kopi terbaik asal Sumatera Utara yang wajib banget dicoba:

Kopi Sidikalang
Kopi ini dihasilkan di daerah Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara dan masih diproses secara tradisional. Daerah Sidikalang dikenal sebagai penghasil biji kopi Robusta terbaik yang memiliki kadar kafein tinggi, yaitu mencapai 70-80%, sehingga cocok buat menemani kamu kerja lembur sebagai penghalau rasa kantuk.

Berada di kawasan Bukit Barisan, dengan kawasan yang sejuk dingin serta tanah yang subur, membuat Sidikalang mampu menghasilkan salah satu kopi terbaik di Tanah Air. Cita rasa pahit khas cokelat yang dihasilkan membuat sensasi tersendiri dibanding kopi-kopi lainnya.

Kopi Mandailing
Salah satu kopi Arabika terbaik yang memiliki aroma dan rasa yang khas. Kopi ini biasanya disajikan dengan cara berbeda dari yang lain, yakni menggunakan batok kelapa dan biasa disebut sebagai kopi takar. Kopi ini memang pertama kali ditanam di kawasan Mandailing Natal (Madina), dekat perbatasan Sumatera Utara dan Sumatera Barat, tepatnya di wilayah Pekantan. Kopi Mandailing berkualitas juga dihasilkan di pedalaman Sumatera seperti Tapanuli dan Pakpak.

Kopi Lintong
Kopi Lintong merupakan jenis kopi Arabika yang berasal dari Lintong Ni Huta, sebuah daerah di Kabupaten Humbang Hasundutan yang memiliki tanah sangat subur untuk ditanami kopi.

Kualitas Kopi Lintong sudah dikenal hingga ke mancanegara dan menjadi lambang pasaran internasional dengan nama Sumatera Linthong Arabica Coffee. Tak heran kopi ini menjadi pilihan favorit para pecinta kopi dunia.

Kopi Tarutung
Kopi Tarutung dihasilkan dari daerah Taruntung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara dan telah diakui kualitasnya sebagai kopi terbaik di dunia. Masyarakat daerah Taruntung, hingga saat ini banyak yang menjadi petani kopi.
Kopi yang dihasilkan dari wilayah Taruntung, Tapanuli ini memang sangat khas dengan kualitasnya yang sangat baik. Biji kopinya memiliki ukuran yang pas dengan buah utuh. Kopi Tarutung diproses dalam keadaan masih segar sehingga menghasilkan cita rasa yang luar biasa.

Kopi Sipirok
Terakhir, adalah kopi Sipirok yang berasal dari Kabupaten Tapanuli Tengah. Kopi ini merupakan jenis kopi Arabika yang banyak digemari karena memiliki kandungan asam sangat rendah. Biji kopi Sipirok tergolong sebagai ‘kopi spesial’ (Specialty Coffee) karena memiliki cita rasa unik dengan campuran rasa lemon tea, rempah-rempah dan gula aren. Salah satu yang membanggakan adalah, kopi ini pernah mendapatkan penghargaan internasional sebagai “The World’s Finest Unwashed Arabica”.

Di samping aroma dan rasanya yang nikmat, kopi juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, jika dikonsumsi secara tepat. Misalnya, mampu meningkatkan fungsi otak, memperbaiki mood, meredakan sakit kepala, mencegah penyakit parkinson, mengurangi risiko diabetes, dan masih banyak lagi.

Jika tertarik membeli produk-produk kopi pilihan yang berkualitas, kamu bisa mengunjungi https://belikreatifdanautoba.belikreatiflokal.id/kuliner/. Dijamin produknya asli buatan para pelaku ekonomi kreatif Sumatera Utara, dan tersedia dalam banyak varian rasa. Jangan pernah ragu membeli produk hasil karya anak bangsa, karena kami Bangga Buatan Indonesia.
Sumber: gobatak.com

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin