fbpx

Terselip Doa sang Pengrajin, Kemenparekraf Ajak Masyarakat Berbelanja Produk UMKM

TANGERANG – Sudah saatnya masyarakat untuk bebrondong-bondong berbelanja produk UMKM. Sebagaimana diungkapkan Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) , Nia Niscaya bahwa hal itu perlu dilakukan agar UMKM tetap sejahtera di masa pandemi.

Pemerintah sendiri telah melakukan berbagai upaya dalam membantu UMKM, salah satunya menyelenggarakan pameran. Kemenparekraf baru saja meluncurkan acara Beli Kreatif Danau Toba di Summarcon Mall Serpong, Tangerang, yang dilangsungkan pada 11-21 Februari 2021.

Acara tersebut melibatkan 27 pelaku UMKM , dengan detail 15 pelaku usaha fashion dan kriya, sedangkan 12 lainnya adalah kuliner. Produk yang ditawarkan di sini tak sembarang karena sudah melalui kurasi ketat.

“Produk yang ditawarkan di acara Beli Kreatif Danau Toba Fair ini dipastikan berkualitas, bahkan ada yang didatangkan langsung dari Sumatera Utara supaya lebih otentik,” kata Nia saat ditemui langsung di lokasi acara, Kamis (11/2).

Dia meminta kepada masyarakat yang cukup dalam hal finansial untuk ikut menyejahterakan para pelaku UMKM ini di masa pandemi. Dari pembelian kecil saja, itu sudah sangat membantu UMKM ini tetap bertahan di masa pandemi yang sangat sulit ini.

“Masih ada harapan. Kita harus optimistis. Kita-kita yang masih punya pendapatan dan ada lebihnya, yuk membantu para UMKM ini tetap bertahan di tengah pandemi. Di sinilah tempatnya berbuat sesuatu untuk orang lain,” paparnya.

Nia juga meminta kepada masyarakat agar saat membeli produk UMKM tidak usah menawar, terlebih jika produk yang dijual memiliki nilai atau value yang besar dalam kemurniaan budayanya.

“Misalnya pada kain ulos atau songket, kita tahu bersama kalau untuk membuat sehelai kain ulos itu membutuhkan waktu yang tak sebentar bahkan bisa sampai 3-6 bulan,” ungkapnya.

“Kita harus mencintai, menghargai, dan tentunya membeli produk UMKM yang membawa unsur budaya di dlamanya. Jadi, sebaiknya jangan menawar barang karena ada perjuangan panjang untuk bisa membuat produk tersebut,” sambungnya.

Sependapat dengan Nia Niscaya, salah satu pelaku usaha Riana Panggabean pun berharap semakin banyak masyarakat yang bisa menghargai budaya lewat produk fashion salah satunya kain ulos.

“Dari satu helai kain ulos itu, bukan hanya proses pembuatannya yang panjang, tapi di sana juga ada doa yang terselip dari para pengrajin. Jadi, nilainya itu sangat besar, susah diduitin sebenarnya,” kata Riana pemilik butik Solu Ulos.

Dia pun berharap dengan adanya Beli Kreatif Danau Toba Fair yang diselenggarakan Kemenparekraf, bisa menjadi pintu rezeki untuk pelaku UMKM. “Semoga dengan adanya acara ini, bisa mengobati masalah finansial yang banyak sekali dikeluhkan pelaku UMKM juga sebagai wadah mengenalkan budaya kepada generasi muda,” tukasnya.

Sumber : https://lifestyle.sindonews.com/read/332238/156/terselip-doa-sang-pengrajin-kemenparekraf-ajak-masyarakat-berbelanja-produk-umkm-1613037763

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Recent News