fbpx

Tingkatkan Omzet Pelaku Ekraf Danau Toba Lewat Bimbingan Teknis

IDNpos.com – Kementerian Pariwisata dan juga serta Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus berupaya meningkatkan kemampuan penjualan dan juga serta pemasaran pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di kawasan Danau Toba secara digital melalui bimbingan teknis. Tujuannya, untuk meningkatkan kemampuan di bidang pemasaran digital, trust also branding identity, serta pemahaman pajak untuk menguatkan pelaku ekraf.

Koordinator Pemasaran Fesyen, Desain, dan juga serta Kuliner Kemenparekraf, Andy Ruswar mengatakan, hal itu serta bertujuan untuk meningkatkan level Bisnis pelaku ekraf dan juga serta menghasilkan pelaku ekraf yg potensial, berkualitas dan juga serta siap dipasarkan.

“Harapan berasal dari terlaksananya program bimbingan teknis ini ialah supaya para pelaku ekonomi kreatif dapat menjalankan bisnisnya lebih bagus dan juga serta berkembang pesat. Bukan cuma penjualan konvensionalnya saja melainkan penjualan melalui media online-nya serta, dan juga serta sebagaimana bentuk digitalisasi ekonomi kreatif,” ujarnya, Hari Senin (3/5).

Sementara, Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak mengatakan, program tersebut serta bertujuan untuk menumbuhkan rasa bangga terhadap pembelian produk Sumatera Utara khususnya berasal dari kawasan Danau Toba. Sehingga, pelaku ekonomi kreatif diharapkan dapat meningkatkan pengetahuannya untuk mendukung pemasaran melalui digital marketing untuk memasarkan produknya, perluasan market ke di dalam market place yg bertujuan untuk meningkatkan omzet berasal dari pelaku kreatif.

“Pelaku kreatif dapat naik kelas dengan menatap peluang yg ada, untuk itu kami harapkan pelaku ekonomi kreatif dapat kreatif, inovatif, dan juga serta produktif dengan melakukan peningkatan kualitas, peningkatan kuantitas serta melaksanakan kontinuitas produknya,” tuturnya.

Ia menyebut, kendala berasal dari segi penjualan di lapangan tidak terlalu terasa, hal ini terbukti dengan adanya peningkatan penjualan selama program berjalan, dan juga serta perkembangan penjualan bukan cuma terdapat peningkatan omset saja namun serta terdapat penambahan aset digital di dalam penjualan, seperti sosial media yg digunakan untuk penjualan dan juga serta marketplace yg sebelumnya tidak terdapat menjadi ada, sebelumnya satu menjadi dua dan juga serta seterusnya.

“Selain program digitalisasi pemasaran, bimbingan teknis serta memberikan pengetahuan perpajakan bagi para pelaku ekraf. “Kerap para pelaku usaha merasa kok belum apa-apa telah dikejar pajak. Tapi apabila kami telah mempunyai NPWP atau membayar pajak, maka database telah masuk yg nantinya akan kami pakai untuk pembinaan,””pungkasnya.

Sumber : https://www.idnpos.com/terbaru/tingkatkan-omzet-pelaku-ekraf-danau-toba-lewat-bimbingan-teknis

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin