fbpx

Ulos, Cantiknya Tenun Buatan Tangan Khas Toba

Keberagaman suku dan kekayaan budaya daerah menjadi daya tarik negara tercinta kita, Indonesia. Keindahan dan keunikan budaya ini menjadi ciri khas suatu daerah dan seringkali ditampilkan melalui produk-produk kerajinan tangan atau seni kriya. Sumatera Utara, provinsi yang memiliki destinasi Super Prioritas yaitu Danau Toba ini juga memiliki hasil kriya yang sangat banyak dan menarik. Oleh karena itu Kemenparekraf meluncurkan program Beli Kreatif Danau Toba, selain untuk membantu para pelaku ekraf juga sebagai sarana untuk memperkenalkan produk-produk seni kreatif Sumatera Utara, termasuk seni kriyanya.

Salah satu hasil seni kriya khas Sumatera Utara yang sudah mendunia adalah kain tenun ulos. Kain yang menjadi lambang identitas orang Batak ini mempunyai motif yang unik dan penuh makna. Pengerjaannya pun tidak mudah dan melewati berbagai tahap, yang semuanya masih dilakukan secara tradisional oleh tangan-tangan pengrajin. Tahap pertama yaitu pemintalan kapas sehingga menjadi benang, dilanjutkan dengan proses pewarnaan dan penguntaian benang, barulah ditenun menjadi sehelai kain ulos. Proses pembuatannya bisa memakan waktu berhari-hari hingga bulanan lho. Ini dia yang menyebabkan kerajinan tangan bernilai lebih, karena memang membutuhkan keterampilan, kesabaran dan ketelitian.

Seperti kriya buatan tangan lainnya, ulos tradisional kadang kurang sempurna, terutama pada teksturnya. Mungkin kamu akan menemukan beberapa gumpalan benang karena proses pengerjaannya. Teksturnya tidak akan semulus kain atau ulos buatan pabrik. Namun kain tenun ulos buatan tangan akan terasa lebih ringan dan lembut saat dipakai. Ulos tradisional juga melalui proses pewarnaan yang cukup lama, sehingga hasil warnanya berkualitas.

Tertarik untuk membeli kain tenun ulos? Untungnya kamu tidak perlu ke tempat para pengrajinnya di Sumatera Utara, sekarang kamu bisa temukan produk ini dari Beli Kreatif Danau Toba. Tidak hanya berupa helaian kain, di sini kamu juga bisa menemukan berbagai kreasi dari kain ulos seperti  tas, dompet, sarung bantal, pakaian dan produk-produk lainnya. Kamu bisa cek e-catalogue di sini: https://belikreatifdanautoba.belikreatiflokal.id/e-catalogue/ 

Dapatkan kain ulos pertamamu dan bangga selalu dengan produk buatan Indonesia!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin